Pengalaman Tes CPNS OJK 2013 Posisi Staf

Standar

Cerita ini dimulai dari bulan agustus 2013. Waktu itu lagi ramai-ramainya berita tes CPNS an, yang katanya bakal digelar mulai setelah Idul Fitri 2013 berakhir. Dan benar saja, Kemen PAN-RB menginformasikan jadwal resmi tes CPNS dari tahap awal sampai akhir mulai awal September sampai bulan desember. Untuk pendaftaran ditetapkan dari tanggal 1 sampai 30 september 2013. Namun tiap instansi atau kementerian tetap berbeda-beda dalam hal tanggal pembukaan pendaftarannya. Nah OJK yang merupakan kependekan dari Otoritas Jasa Keuangan yang dulu namanya BAPEPAM merupakan instansi (Salah satu) yang paling awal buka pendaftaran untuk seleksi staf maupun pejabat di OJK nya. Yaitu mulai tanggal 31 agustus sampai 7 september 2013. Hanya dalam 1 minggu saja, pendaftarnya mencapai 47 ribu orang. Adapaun tahapan seleksinya yaitu:

ojk

  1. Seleksi Administrasi
  2. Tes Potensi
  3. Psikotest
  4. Wawancara Psikologis
  5. Verifikasi Dokumentasi
  6. Wawancara User
  7. Tes Kesehatan

Dan terbagi menjadi 9 kota diantaranya Jakarta, Yogjakarta, Semarang Makasar dll.

Untuk tes tahap 1 peserta syaratnya harus LOLOS seleksi administrasi. Seleksi administrasi itu dilakukan setelah Kita mendaftar lewat online di website ppm manajemen ojk nya. Di situ Kita mengisi data diri, dll. Setelah dinyatakan LOLOS untuk seleksi adminstrasi, maka punya hak untuk mengikuti tahapan selanjutnya yaitu tes potensi yang terdiri dari:

Terdiri dari (Soal dari PPM Manajemen):

1. Tes Potensi (Aritmatik, Abstrak dan Verbal)
2. Tes Kemampuan Umum, tentang pengetahuan Ke-OJK an
3. Hitung bilangan Kremlin
4. Tes Kemampuan Khusus, tentang bidang Teknik Informatika (Karena Saya dari TI)
5. Tes Bahasa Inggris Tertulis (TOEFL min.500)

Setelah dinyatakan LOLOS tes tahap 1, maka peserta berhak mengikuti seleksi tahap 2 yaitu psikotest tertulis. Materi psikotes tertulis terdiri dari:

Sesi 1

1. Tes kepribadian, Essay dan double choice
2. Tes komprehensif (Pertanyaan umum secara logika)
3. Tes gambar, Warteg test dan gambar pohon serta gambar manusia

Sesi 2

1. ME Test (Daya ingat)
2. E.P.P.S Test (Multiple choice)
3. Tes Lima Dimensi

Catatan: Untuk materi psikotes tertulis kalau ada yang belum mengerti, silahkan searching di google

Tahapan selanjutnya adalah tes wawancara psiokologis dan verifikasi dokumen untuk yang dinyatakan LOLOS tes tahap 2 (Psikotest tertulis), contoh pertanyaan pada saat wawancara antara lain:

  1. Wawancara Psikologis
    1. Pengenalan diri
    2. Apa yang Anda ketahui tentang OJK
    3. Pengalaman kerja dan organisasi
    4. Hal paling berkesan positif dan negative dalam hidup Anda
    5. Seandainya diterima, rencana masa depan Anda bagaimana
  2. Pemberkasan
    1. KTP Asli
    2. Ijazah dan Transkrip asli
    3. Serifikat TOEFL (Bila ada)
    4. Foto diri terbaru

Tahapan selanjutnya adalah tes wawancara user dan tes kesehatan. Tiap tahapan mempunyai selang waktu sekitar 2 minggu, jadi tes tahap pertama dilakukan, kemudian sekitar 9 hari kemudian muncul pengumuman apakah LOLOS atau tidaknya, peserta yang LOLOS maka berhak mengikuti tahapan selanjutnya yaitu 2 minggu setelah tes tahapan sebelumnya, atau sekitar 5 hari setelah pengumuman kelulusan tiap tahapnya.

Jadi, persiapkan diri sebaik mungkin sebelum mendaftar maupun selama mengikuti tahapan seleksi proses perekrutan di OJK baik kesehatan maupun penguasaan materi tes. Karena tahapan dan waktu yang dibutuhkan cukup panjang. Semoga bisa memberi gambaran pada teman-teman yang ingin mengikuti seleksi OJK tahun depan.

Semoga bermanfaat, kunjungi juga website baru Saya di agusdar.com

92 responses »

    • Ok mas Ralfian, kalo yang kemaren (Tahun 2013) untuk tes kemampuan khusus (IT) itu ada sekitar 100 soal, semua pilihan ganda. Kisi-kisi soalnya secara umum tentang teknologi informasi/teknik informatika seperti pemprograman, sistem informasi/multimedia, jaringan, database, hacking. Waktu pengerjaannya sekitar 1 jam. Adapun kisi2 Tes Potensinya:
      1. Tes Potensi (Aritmatik, Abstrak dan Verbal), masing-masing 50 soal dengan batas waktu sekitar 20 menit tiap materi.
      2. Tes Kemampuan Umum, tentang pengetahuan Ke-OJK an: 100 soal pilgan dengan waktu 1 jam
      3. Hitung bilangan Kremlin
      4. Tes Kemampuan Khusus, tentang bidang Teknik Informatika (Karena Saya dari TI): 100 soal pilgan batas waktu 1 jam
      5. Tes Bahasa Inggris Tertulis (TOEFL min.500): 100 soal pilgan batas waktu 1 jam.

    • Sebenernya bagian wawancara user bakal Saya sharing di postingan selanjutnya bareng tahapan tes kesehatan, tapi kebetulan ada yang tanya duluan.
      Kalau wawancara user itu lebih ke pekerjaan yang sesuai dengan jurusan kita dan yang mewawancarinya orang dari OJK nya langsung
      yang sudah punya jabatan. Nah waktu wawancara psikologis itu yang pewawancara masih dari lembaga rekruitmennya (PPM manajemen)
      Misalkan kalau Saya kemarin:
      – Seberapa penting Integritas menurut kamu
      – Ketika di Organisasi/Perusahaan, apa perbedaan ketika menjadi staf dan pemimpin (hal : masalah, konflik, inovasi)
      – Apa yang Anda ketahui tentang OJK (latar belakang dibentuknya OJK, apa itu OJK, fungsinya, tujuannya, berita terkini, yang sudah dikerjakan oleh OJK sampai saat ini).
      – Apa perbedaan pengawasan jasa keuangan yang dulu (BI, Bapepam LK) dengan sekarang (OJK)
      – Apa alasan melamar OJK
      – Minat staf bagian apa?? pengawasan bank/pasar modal, Riset, atau yang lain
      – Bagaimana menurut anda pengawasan bank/pasar modal saat ini
      – Anda mau minta gaji berapa
      Kurang lebih seperti itu
      Mungkin tiap peserta bakal berbeda pertanyaan antara satu dengan yang lain, tergantung bidang ilmu ataupun jabatan yang dilamar atau malah tergantung tim wawancaranya,
      tapi intinya kurang lebih seperti di atas.
      Semoga bisa memberikan sedikit gambaran.

    • Wah TKB itu yang tahap pertama y Gan? Saya jg gak nyangka TKB bisa LOLOS, padahal menurut Saya tahapan paling susah tu TKB dibanding tahap2 setelahnya.
      Gpp Gan, mungkin belum rejekinya disitu. Di tempat lain mungkin ada rejeki yang lebih gede

  1. Gimana sypa aja nih yg lulus???
    Gw ga lulus tahap akhir😦
    sedih banget pdahl tinggal terakhir.. emg belum jodoh kali ya sm OJK
    Tapi kq yg aq lihat rata2 yg lulus tahap akhir itu lulusan PT Negri ya??? bener ga sih???
    Apa di OJK tahap akhirnya di saringannya dilihat dr PTN atau PT swasta ya??
    Beteeee banget deh klo bener gtu.. tau gtu mending anak swasta ga usah dilulusin aja dr awal

    • Wah klo itu Saya kurang paham mas/mba, coba cek di website resmi OJK nya mungkin saja ada berita yang hubungannya dengan kriteria kelulusan atau semacamnya🙂

    • Salam kenal juga mas Satria, terima kasih sebelumnya sudah mampir.
      Untuk pembukaan lowongannya sendiri di OJK Saya belum dapat kabar Mas, nanti klo pun sudah buka pasti bakal ramai dicetak di media massa. Mungkin perkiraannya pertengahan tahun 2014 ini mas.

  2. mas agus trimakasih bgt sangat membantu dan byk kasi masukan. mau nanya mas agus test 5 dimensi itu sama dengan test bagun ruang yg diputer2 gitu atau gimana ya mas? dan test komprehensif itu spt apa contohnya mas? tolong kasi gambaran sedikit mas. terimakasih byk mas agus🙂

    • sama-sama rikha🙂 senang bisa membantu teman”
      Yang test 5 dimensi itu yang pasti ada hubungannya dengan daya ingat, tpi detailnya saya lupa itu tentang gambar yang dibolak-balik atau bukan. Coba rikha cari di google siapa tau ada yang petunjuk.
      Kalau yang tes komperhensif itu adalah 10 soal pertanyaan yang harus dijawab seketika. Contoh pertanyaannya begini:
      1. kenapa harus ada hukum?
      2. apa yang anda lakukan apabila melihat kebakaran?
      dan sebagainya. Nah tiap 1 soal harus langsung dijawab dan diberi waktu beberapa detik, baru lanjut ke pertanyaan berikutnya.
      Begitulah semoga membantu

    • Setau Saya dari tahap pertama yaitu tes yang pilihan ganda, tes psikotest tertulis sampai tes wawancara psikologis semua di cover sama PPM mas. Termasuk tes potensi, tpi soal tes bikinan siapa si kurang paham. Yang pasti PPM yang covr tes dari tahap pertama sampai yang ketiga.

  3. Mas Agusdar, saya mau nanya, apakah dalam tes kesehatan OJK, gigi berlubang berpengaruh?
    Kebetulan gigi saya sudah ada yg ditambal.
    Terima kasih

    • Setau Saya kalau gigi berlubang tidak akan berpengaruh besar pada hasil tes kesehatan. Kecuali masalah-masalah kesehatan kronis seperti sedang sakit jantung ato semacemnya, paling disuruh tambal gigi.🙂

      • Mas agusdar.. saya mau nanya.. Saya lg mau nyoba daftar mas. Klu boleh tau perbedaan yg reguler sm multi level apa ya mas? Saya kan dr jursan pendidikan. Tp skrg bekerja si bank swasta sekitar 1.5 tahun. Menurut mas saya lbh baik nyiba masuk yg reguler atau multi level? Mohon pencerahan nya mas. Terimakasih. .

      • klo sepengalaman Saya, karena staf multilevel itu yang diutamakan yang memiliki latar belakang pendidikan Hukum, Ilmu Komunikasi, Ekonomi, jdi saya sarankan untuk daftar yang posisi staf. Tpi tidak ada salahnya untuk mencoba mendaftar yang satf multilevel mba, apalagi mba desinya sudah ada pengalaman 1,5 tahun dibidang keuangan.

  4. mas agusdar,, mau nanya donk,, mas dari daerah mana? kemaren tes ojk tahun 2013 , lulus ya? sekarang penempatannya dimana? Mas, kalao tes ojk itu diadakan nya di jakarta atau di daerah tempat tinggal kita ? Contoh nya saya mas, saya kan di medan, biasanya tes nya di adakannya dimana ya? terus, nanti kalau udah lulus, kira2 ditempatkan dimana ya mas?

    • wah pertnyaannya banyk banged mba tika, sy coba jwb selengkap mungkin y. Saya dri Purwokerto ikut tes posisi staf thn 2013 di Jogja. Klo setau Saya untuk posisi staf tempat tes nya diselenggarakan dibeberapa kota besar jadi bukan cuma Jakarta. Medan juga ada klo tahun kemaren. Dan klo sudah dinyatakan Lulus untuk awal awal tetap di tempatkan di Jakarta, tpi nanti ada kebijakan penempatan ke daerah yang ada kantor cabangnya. Maaf klo kurang lengkap, semoga sukses selalu

  5. salam kenal mas agus.
    saya baru saja mendaftar OJK tahun 2014 ini, yang ingin saya tanya yaitu bedanya tes psikologis I sm tes psikologis II apa ya mas? materinya apa aja?
    di web OJK dituliskan seleksi tes tahap II meliputi verifikasi ipk dan jurusan, itu mksdnya hanya verifikasi kesamaan berkas saja atau di ranking lagi berdasarkan ipk mas?

    terimakasih mas agus semoga sukses untuk kita semua.

    • salam kenal juga regina.
      Klo tahun 2013 kemaren tes psikologis cuma ada 1 tahap, yaitu setelah LOLOS tes potensi. Nah klo maksud dari verifikasi berkas itu cuma mengumpulkan berkas-berkas yang dipersyaratkan harus dibawa pada pelaksanaan tes tersebut. Biasanya cuma fotocpy berkas nya saja, tpi buat jaga-jaga tetap bawa berkas aslinya juga y.
      Sukses buat tes nya

  6. Mas agus mw ty lanjut dr pertanyaan sblumny,klo dh dtrma trus awalny dtmpkan djakarta brp lma waktu bs kmbali kdaerah y mas.?
    Apakh bs kembali kdaerah asal yg ada kantor ojk ny?

  7. salam kenal mas agus.
    saya mau tanya bedanya tes psikologi I dan tes psikologis II di OJK itu apa ya? klo dari materinya mungkin yang mas agus tau perbedaannya apa saja?
    selanjutnya, di tahap II nanti dituliskan di web bahwa jenis tes meliputi verifikasi ipk dan jurusan itu hanya diperiksa kesamaan berkas saja atau diranking lg berdasarkan ipk?

    terimakasih atas waktunya, sukses untuk kita semua.

  8. mas agusdar, terima kasih atas berbagi pengalaman nya, mas kalo buat yang score toeflnya dibawah 500, itu kan ada penyediaan test toefl dari ppm nya, kira kira kapan itu tes nya? terima kasih

    • Klo tahun 2013 kemaren tes TOEFL nya itu masuk di tes potensi (tahap 1), dan dikerjakan di bagian akhir dari tes. Tes potensi meliputi:
      1. Tes Potensi (Aritmatik, Abstrak dan Verbal)
      2. Tes Kemampuan Umum, tentang pengetahuan Ke-OJK an
      3. Hitung bilangan Kremlin
      4. Tes Kemampuan Khusus, tentang bidang Teknik Informatika (Karena Saya dari TI)
      5. Tes Bahasa Inggris Tertulis (TOEFL min.500)
      Tapi sekali lagi itu komposisi tahun 2013, jadi mungkin 2014 akan berbeda.

    • ok mba Tya, kalo yang kemaren (Tahun 2013) untuk tes kemampuan khusus (IT) itu ada sekitar 100 soal, semua pilihan ganda. Kisi-kisi soalnya secara umum tentang teknologi informasi/teknik informatika seperti pemprograman, sistem informasi/multimedia, jaringan, database, hacking. Waktu pengerjaannya sekitar 1 jam. Adapun kisi2 Tes Potensinya:
      1. Tes Potensi (Aritmatik, Abstrak dan Verbal), masing-masing 50 soal dengan batas waktu sekitar 20 menit tiap materi.
      2. Tes Kemampuan Umum, tentang pengetahuan Ke-OJK an: 100 soal pilgan dengan waktu 1 jam
      3. Hitung bilangan Kremlin
      4. Tes Kemampuan Khusus, tentang bidang Teknik Informatika (Karena Saya dari TI): 100 soal pilgan batas waktu 1 jam
      5. Tes Bahasa Inggris Tertulis (TOEFL min.500): 100 soal pilgan batas waktu 1 jam.
      Jujur Saya juga gak nyangka bisa Lolos tahap ini, soalnya saya pikir tes nya juga cukup susah terutama tes IT nya.

  9. Mas saya ingin bertanya,apakah memungkinkan ojk menerima jurusan dluar kualifikasi? Kebetulan saya lolos tahap admnistrasi namun jurusan saya tidak tercantum sebelumnya. saya dari jurusan administrasi negara/publik mas. trimakasih🙂

    • kemungkinan itu masih ada mba, dulu jaman Saya ada jurusan sistem informasi dan multimedia ato semacemnya tapi tetap boleh ikut tes kok ngikut jurusan teknik informatika. nanti pas tes tahap pertama juga sekalian verifikasi berkas guna melihat jurusan, ipk dan lainnya.

  10. Mas agus saya mau nanya beberapa hal gpp yah hhehehe.

    – OJK tuh kerjanya nyatu di BI bukan? Apa udah ada kantor sendiri? Soalnya liat temen yg kerja di OJK Tasik kerjanya di BI Tasik.

    – referensi soal buat tes ke-OJK-an darimana yah mas?

    – saya kan dari jurusan ilmu komunikasi (jurnalistik), berarti nantinya bakal diberikan soal-soal yg sesuai dengan jurusan saya di tes kemampuan khusus?

    Sekian deh, ga enak kalo banyak-banyak hhehehe

    • -buat referensi tentang OJK silahkan lihat langsung ke http://ojk.go.id/

      -Klo referensi soalnya Saya gak yakin deh mba, soalnya yang bikin soal dari ppm nya jdi mungkin agak susah dicari, dan terutama ts tentang pengetahuan bidang akademik. Klo tentang ojk bisa baca2 web nya, klo soal@ psikotest y bisa dikira-kira sendiri. Tpi klo gak salah seingatSaya, tes psikotest tertulisnya banyak ngambil dari contoh2 tes psikotest jurusan psikologi Universitas Indonesia. Klo gak salah si,

      -yup benar sekali mba, nanti bakal diberi soal tentang ilmu komunikasi di tes pengetahuan bidang akademiknya.

      Sekian mba,

  11. Mas agus saya mau tanya. Diatas mas menyebutkan tes toefl dan minimal skor 500. Misalkan skor toefl dibawah 500 otomatis langsung gugur ya mas? Dan kalau blh saya tahu pada tahun 2013 kemarin brp jumlah peserta yg keterima mas? Terima kasih sebelumnya mas.

    • Ok mba, begini.. Klo tahun kemarin, orang yang punya toefl DIATAS 500, TIDAK PERLU ikut tes toeflnya, dan klo punya tes toefl tpi masih di bawah 500, ditawarkan oleh pihak panitia untuk ikut tes toeflnya lagi bersama teman-teman tes yang belum mempunyai sertifikat toefl sama sekali.
      Nah posisi Saya waktu itu, Saya punya sertifikat toefl tpi cuma 469, Jadi Saya ikut tes toefl bersama teman2 tes yang tidak punya sertifikat toefl sama sekali. Begitu mba,

  12. Mas, tes bahasa inggris yg diselenggarakan panitia soalnya hampir sama kaya test toefl di lembaga2 lain atau lebih susah atau lebih mudah? Mksh mas

  13. Hi mas agus salam kenal ya, mas mau tanya ini kebetulan saya sdh mengikuti seleksi ojk 2014. Nah utk 2014 ini tahap3 nya psikotes tahap 2 , bhs ingg, pengetahuan umum ttg ke ojk an, yg ingi. Saya tanyakan contoh soal bhs ingg nya spt apa mas? nah klo sya liat 2013 agak berbeda dgn 2014 , pengetahuan umum ttg ke ojkan itu hanya seputar ojk kan ya mas ? Tidak ada ted bidang nya? Mohon shareNya ya mas… Terimakasih banyak

    • Hii jg, salam kenal jg. klo yg 2013 kemaren, klo yg bahasa inggris seperti tes toefl biasa kok, nah untuk tes pengetahuan bidang tentang keOJK an itu digabung dengan tes pengetahuan bidang berdasarkan bidang akademik Kita. Perasaan sy juga sudah tulis di postingannya kok mba, silahkan dibaca saja dengan teliti

  14. Mas di tahun 2014 ini tes tahap IIInya seperti ini :
    Tes Psikologis II
    Tes Pengetahuan Umum Bidang ke-OJK-an
    Tes Bahasa Inggris
    Verifikasi Kelengkapan Dokumen

    – Yang ingin saya tanyakan apakah tes kemampuan bidangnya tidak ada?
    – TOEFL saya sudah diatas 500, apakah setelah tes pengetahuan umum bidang ke ojkan saya bisa langsung pulang atau harus menunggu tes bahasa inggris beres? Karena ada verifikasi kelengkapan dokumen.

    • ok, mungkin di 2014 tidak ada tes kemampuan bidangnya, sy juga kurang yakin karena gk ikt jdi panitia. Tpi paling tidak mas/mba efron tetap belajar saja tentang bidang akademiknya, sukur2 gak perlu belajar sudah bisa.🙂
      Yup, bisa langusng pulang mas klo taun kemaren, untk verifikasi berkas kan cm meninggalkan berkas di maj tesnya. Kecuali di tahap verifikasi berkas ASLI yang taun kemaren bareng sm tes psikologi wawancara

  15. Selamat pagi mas, saya mau tanya kalau mas Agus kemarin materi tes bidang OJK-nya termasuk umum atau perlu mempelajari artikel atau ada web yang mas Agus rekomendasikan agar bs menjawab soalnya? Kalau materi tes toeflnya sprti tes toefl pd umumnya (listening, structure, reading) atau bagaimana mas?
    Terimakasih mas agus atas waktu dan informasinya.

    • selamat sore juga mba REGINA, klo Saya pikir sangat direkomendasikan untuk membaca web dari OJK nya, karena sebagian besar materinya ada di situ.
      ah untuk tes TOEFL, sangat mirip dengan tes TOEFL biasa, cmn soalnya lebuh sedikit, ya wlo bagi Saya tetap sulit. Begitu mba RE

  16. Mas, saya daftar tes cpns dan juga tes ojk di tahun ini. Apakah ini diperbolehkan, secara tes ojk tersebut jg bisa disebut tes cpns? Kan katanya tahun ini hanya boleh melamar di satu instansi.

  17. Salam mas agus
    Saya mau nanya nih, klo tes bidang ke OJK an itu sprt apa mas? Apa mengenai sejarah, tugas, tanggung jawab seputar OJK? Atau lbh mengarah ke hal2 ekonomi? Krn kbetulan saya dr teknik sipil jd agak awam dgn hal2 ekonomi. Trimakasih sebelumnya🙂

    • salam kenal juga Kiki, untuk tes pengetahuan seputar OJK semua ada di ojk.go.id kok, sejarah, visi, misi dll. cukup dipelajari dri situ saja.

  18. morning mas mas …
    dibantu dunk pengalamanya, kan OJK ada buka lagi tuh untuk pegawai tata usaha seluru indonesia, tapi saya daftar online ga bisa, tidak ada terkirim ke emailnya untuk verifikasi registrasi !! hmmp, gmn ya mas ? dan saya coba login lagi katanya “email anda sudah digunakan” ! makin bingung aq hiks hiks … bsa dibantu ga ?

  19. Mas Agus mau tanya klo untuk posisi administrasi/tata usaha kira2 apa sesulit tes posisi staf di. Mohon masukannya ma Agus utk tes tsb… Skrg Mas Agus di tempatkan dimana? Klo blh tau apakah status karyawan OJK itu PNS?

  20. saya tau vivi masalahnya dimana
    sbelumnya sya jga mngalami hal sama seprti kamu
    itu di karnakan, vivi copy- paste kan pasword id registrasi ya.
    kalao copy- paste pasti ga bisa, coba deh di ketik dengan manual pasti bisa masuk
    tp sebelumnya cek dlu email ya

  21. mas waktu itu selang waktu dari pengumuman wawancara user ke mcu ada jeda hari berapa lama ya? dan nanti setelah pengumuman mcu penandatanganan offering letter jeda brp hari ya?

    maaf nanya begituan, soalnya ada rencana mau liburan jg sambil nunggu jeda, hehe

    sy sudah ikut wawancara user 19 nov kmrn, kalau perkiraan saya sminggu sejak itu akan ada pengumuman (dimana jadwal mcu sekitar sminggu sejak pengumuman). Setelah mcu pun saya rasa akan ada jeda seminggu pengumuman lolos, dan seminggu setelahnya jadwal untuk penandatanganan offering letter. Namun yg sy masih ragu apakah start kerjanya di bulan desember ya? krn sy pikir semua pegawai pasti ingin bersantai jg kan di tahun baru bersama keluarga. Mas Agus sendiri mulai masa pelatihan di bulan apa ya kemarin? thx infonya..

    • kemungkinan mulai kerja di bulan Januari mas, jdi masih ada waktu buat nerlibur😀
      Pokoknya November-Desember masih belum mulai pelatihan ato semacamnya.

    • wah mas chris wwncra user untuk posisi staff reg atau mle?
      boleh tau kah kisi2 pertanyaan wawancaranya?
      hhe
      kebetulan saya wawancara tgl 23
      thx sebelumnya

  22. Ping-balik: Kisi2 Soal Cpns 2014 | Kuplux's

  23. Mas agus, saya inshaaAllah minggu ini wawancara user dan kebetulan saya dr jurusan ilmu komputer, mau tanya untuk wwncara user sndiri mas dlu pake bhasa inggris atau bhsa indonesia? Lalu sekiranya slain ttg ojk ap yg prlu sya siapkan ya mas utk wanser? Trima kasih mas utk jwbnnya yg akan sgat mmbntu sya mmpersiapkan diri utk wwncara user nnti mas, sukses selalu ☺

    • pertanyaan yang sudah sering Saya jawab sebenarnya, sebenarnya inti dari wawancara user sendiri adalah melihat kesiapan peserta jikalau diterima di OJK itu sendiri, dan yang dilihat/dinilai anatar lain dari pengetahuan peserta tentang OJk atapun ilmu/background pendidikan peserta. Insya Allah kalo rejeki gak akan kemana mba, sukses buat wawancaranya.

  24. Mas agus, mengenai tes kesehatan bagian tubuh mana saja yang diperiksa?? Selain itu adakah tes.kejiwaan yg dijawab melalui selembar kertas ?

  25. Mas mau nanya. Tahun ini ada rekrutmen ojk gak. Trs kalo saya liat, perjalanan dinas ojk setingkat staff anak pcs baru masuk aja lgsg dpt fasilitas hotel bintang 5. Nah gmn kalo yg dah senior ya hehe. Mau nanya kalo pengawasan bank d ojk dibedakan 1,2,3 itu maksudnya gmn ya ? Ada dpb 1,2,3. Makasih.

    • Pagi yessy. Tes individual itu tahap brp y? Setiap tahap sdh sy share kok di postingan. Tahap2 terakhir juga sy share di komenan. Silhkn dibaca sj

Tinggalkan Balasan

