Aplikasi Facebook “Random Ayat”

Standar

“Random Ayat” sebuah aplikasi yang diinstal di facebook yang menurutku “very recommended”
Keuntungannya adalah auto update status Ayat Al Qur’an, jadi setelah diinstal tinggal di set mau auto update pada jam berapa setiap harinya, nanti pada jam yang telah diset; akun kita akan otomatis memposting status berupa ayat Al Qur’an meski pada jam tersebut kita tidak dalam keadaan online sekalipun.

Ya itung itung numpang exis tapi tetep bermanfaat meski modal gratisan🙂, bila nanti kita dalam beberapa hari misal gak ada pulsa atau emang udah bosen buka FB pun akun kita akan terlihat aktif karena sudah auto update akan memposting pada jam yang telah diset, mungkin malah nanti orangnya sudah gak ada tapi akun FB nya tetep eksis (sedikit serem sih hehe), sejauh masih ada itu situs FB dan sejauh aplikasi tersebut bisa jalan.

Pasang aplikasi tersebut sebagai wujud kecintaan kita pada Al Quran, jadikan status atau akun FB kita untuk menyampaikan ayat Al Qur’an, minimal untuk diri sendiri atau sesama umat Islam dan tentunya untuk seluruh umat meski bukan Islam. dasar landasannya adalah sebagai berikut :

*) “……… Dan Kami turunkan kepadamu Al Quran, agar kamu menerangkan pada umat manusia apa yang telah diturunkan kepada mereka dan supaya mereka memikirkan,” (An Nahl:44)

*) “Dan Al Quran itu telah Kami turunkan dengan berangsur-angsur agar kamu membacakannya perlahan-lahan kepada manusia dan Kami menurunkannya bagian demi bagian” (Al Israa:106)

*) “Katakanlah: “Ruhul Qudus (Jibril) menurunkan Al Quran itu dari Tuhanmu dengan benar, untuk meneguhkan (hati) orang-orang yang telah beriman, dan menjadi petunjuk serta kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri (kepada Allah)” (An Nahl:102)

*) “Dan Al Quran itu tidak lain hanyalah peringatan bagi seluruh umat” (Al Qalam:52)

Dan masih ada banyak ayat yang tidak saya sebutkan yang menunjukan perintah agar kita mengingatkan umat manusia dengan Al Quran, semata-mata hanya untuk mempersingkat tulisan ini. Nanti setelah pasang aplikasi “Random Ayat” sudah pasti ada golongan yang berbeda beda dalam menyikapinya. Golongan orang2 setelah yang dibacakan Al Quran setidaknya ada 3, klasifikasi orang setelah mendengar/ membaca Al Quran dan dasar landasannya adalah sebagai berikut :

1. Orang membaca/mendengar tapi tak tersentuh
“Tidak datang kepada mereka suatu ayat Al Quran pun yang baru (di-turunkan) dari Tuhan mereka, melainkan mereka mendengarnya, sedang mereka bermain-main” (Al Anbiya:2)

2. Orang membaca/mendengar lalu beriman
Dan apabila mereka mendengarkan apa yang diturunkan kepada Rasul (Muhammad), kamu lihat mata mereka mencucurkan air mata disebabkan kebenaran (Al Quran) yang telah mereka ketahui (dari kitab-kitab mereka sendiri); seraya berkata: “Ya Tuhan kami, kami telah beriman, maka catatlah kami bersama orang-orang yang menjadi saksi (atas kebenaran Al Quran dan kenabian Muhammad s. a. w.). (Al Maidah:83)

3. Orang membaca/mendengar lalu mendustakan
“dan mereka mendustakan ayat-ayat Kami dengan sesungguh-sungguhnya” (An Naba:28)

“Dan apabila kamu membaca Al Quran niscaya Kami adakan antara kamu dan orang-orang yang tidak beriman kepada kehidupan akhirat, suatu dinding yang tertutup,” (Al Israa:45)
______________________________________________________

Yang perlu digaris bawahi adalah kewajiban menjadi semua umat muslim untuk menyampaikan kepada manusia untuk mengingatkan sesama dan seluruh umat, namun demikian bukan kewajiban bagi kita untuk menjadikan mereka mendapat hidayah, karena sesungguhnya hidayah itu adalah dari Allah. Dasar landasannya adalah sebagai berikut:

“Atau agar kamu (tidak) mengatakan: “Sesungguhnya jikalau kitab ini diturunkan kepada kami, tentulah kami lebih mendapat petunjuk dari mereka”. Sesungguhnya telah datang kepada kamu keterangan yang nyata dari Tuhanmu, petunjuk dan rahmat. Maka siapakah yang lebih zalim daripada orang yang mendustakan ayat-ayat Allah dan berpaling daripadanya? Kelak Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang berpaling dari ayat-ayat Kami dengan siksa yang buruk, disebabkan mereka selalu berpaling.” (Al An’am:57)

“Bukanlah kewajibanmu menjadikan mereka mendapat petunjuk, akan tetapi Allah-lah yang memberi petunjuk (memberi taufiq) siapa yang dikehendaki-Nya. Dan apa saja harta yang baik yang kamu nafkahkan (di jalan allah), maka pahalanya itu untuk kamu sendiri. Dan janganlah kamu membelanjakan sesuatu melainkan karena mencari keridhaan Allah. Dan apa saja harta yang baik yang kamu nafkahkan, niscaya kamu akan diberi pahalanya dengan cukup sedang kamu sedikitpun tidak akan dianiaya (dirugikan). (Al Baqarah:272)

“Jika mereka berpaling, maka katakanlah: “Aku telah menyampaikan kepada kamu sekalian (ajaran) yang sama (antara kita) dan aku tidak mengetahui apakah yang diancamkan kepadamu itu sudah dekat atau masih jauh?”(Al Anbiyaa:109)

______________________________________________________

sebagian teman mungkin sudah menggunakan aplikasi ini, untuk yang belum atau terlewat berikut link app “Random Ayat”

http://apps.facebook.com/randomayat/

apapun itu, paling tidak aku belajar mengggugurkan kewajibanku untuk menyampaikan, jadi Insya Allah nanti bila Allah menanyakan tentang kewajibanku untuk menyampaikan; maka posting Blog ini adalah sebagian bukti.

By Admin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s