Google Cloud Summit Jakarta 2019


Pada hari Kamis 5 September 2019 kemarin, telah berlangsung acara Google Cloud Summit di JIExpo Convention Centre and Theatre Jakarta. Bagi yang belum tahu Google Cloud Summit atau biasa disingkat GCS, adalah acara yang digelar oleh Google sebagai salah satu perusahaan penyedia cloud server terbesar di dunia, selain Amazon dengan Amazon Web Service dan Microsoft dengan Microsoft Azure Cloudnya. Google sebagai perusahaan raksasa teknologi hampir mempunyai produk di berbagai bidang teknologi komputer. Google Search, Youtube, dan tentunya Android adalah beberapa produk dan layanan dari Google yang biasa digunakan setiap hari. Di pasar cloud server, Google memiliki Google Cloud Platform sebagai produk andalan yang sudah digunakan oleh banyak perusahaan besar dunia seperti The New York Times, Uber dan perusahaan besar dunia lainnya. Acara GCS sendiri digelar di puluhan kota di dunia, dan Jakarta adalah salah satunya. tahun 2019 ini juga merupakan tahun ketiga Google menyelenggarakan GCP, setelah sebelumnya digelar tahun 2017 dan 2018 lalu.

Di Indonesia, Google Cloud juga sudah banyak dipakai perusahaan besar dari berbagai kalangan seperti Bank Rakyat Indonesia sebagai BUMN, Gojek sebagai perusahaan berbasis teknologi, Almafart sebagai perusahaan ritel dan lainnya. Berlangsung sejak pagi Acara dibagi menjadi 4 sesi yaitu:
1. Key note, dengan pengisi acara:
a. Rudiantara, Menteri KomInfo Republik Indonesia
b. Bambang Setyawan D Director, Alfamart Retail Asia Pte.Ltd
c. Mohammed Alabsi VP of Engineering, Bukalapak
d. Tim Synan Head of SE Asia, Google Cloud
e. Megawaty Khie Country Director, Google Cloud Indonesia


Setelah sesi keynote, selanjutnya diteruskan dengan sesi workshop dari berbagai pakar dan praktisi yang berasal dari berbagai macam institusi. Antara lain dari Pegadian, Gojek, Traveloka, maupun perusahaan rekanan Google untuk pemasaran cloud di Indonesia.
Acara GCP ini juga dibagi menjadi 3 track yang berbeda, yaitu:
1. Infrastructure modernization
2. Smart Analytics and AI
3. Application Development and Collaboration

Selain menghadirkan workshop, GCP juga dihadiri banyak vendor perusahaan teknologi terutama yang bergerak di bidang Cloud Services seperti Cloude Ace, FISClouds, Cloud Comrade, Multipolar dan Pointstar.


Acara ini berlangsung sangat meriah dan dihadiri ribuan peserta dari berbagai kalangan, mulai dari pelajar, akademisi, profesional, pegiat teknologi, perusahaan startup sampai perusahaan besar di Indonesia dan luar negeri. Dengan acara ini diharapkan Google dapat semakin memperkenalkan produk cloud platformnya yang nantinya diharapkan dapat membantu transformasi digital di Indonesia. Google juga berkomitmen mendirikan data center sendiri di Indonesia di tahun 2020 mendatang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.