Cara Mengupload Template WordPress Lewat CPanel


WordPress dipilih oleh sebagian orang, karena CMS yang satu ini memang sangat powerful, responsif dan banyak sekali pilihan tampilannya. Selain faktor di atas, wordpress dipilih juga karena sangat SEO friendly sehingga cocok untuk dijadikan platform website bisnis ataupun e-commerce. Bahkan data menyebutkan sekitar 29% website yang ada di dunia menggunakan wordpress sebagai platformnya. Untuk pilihan tampilan atau lebih dikenal dengan template, pilihan yang tersediapun sangat beragam.

Dari mulai yang gratis sampai berbayar dengan harga ratusan dollar pun ada. Mengganti template website di wordpress juga sangat mudah, tinggal masuk ke dashboard, pilih menu Tema (Themes) lalu pilih template yang diinginkan. Kita juga dapat mengupload sendiri template dari luar wordpress yang disediakan dengan menu add themes. Namun kadang kalau file .rar / .zip template terlalu besar, akan terjadi eror karena batasan kapasitas upload website wordpress Kita terbatas. Nah untuk mengatasi permasalahan tersebut, Kita dapat langsung menggunakan CPanel untuk mengupload template wordpress yang ukurannya terlalu besar. Berikut langkah-langkahnya:

1. Langkah pertama masuk ke cPanel > Pilih File Manager.

2. Setelah masuk di halaman file manager, checklist Show Hidden Files (dotfiles) dan Document Root for klik GO.

3. Akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini:

4. Upload file theme .zip / .rar ke direktori website, misalnya /public_html/wp-content/themes[atau sesuai direktori wordpress masing-masing].

5. Tunggu sampai proses upload selesai.

6. Ekstrak file .zip tadi yang sudah berasa di dalam file wp-content.

7. Sampai disini proses instalasi telah selesai. Selanjutnya masuk ke wp-admin >> Appearance >> Themes, select Active theme dari sini.

Sangat mudah bukan, sekarang tinggal mengeksekusi template yang sudah diupload sehingga menjadi bentuk website yang Kita inginkan.

Semoga Bermanfaat.

Bagi yang ingin dibantu membuat website, toko online atau sistem informasi dan aplikasi komputer lainnya, silahkan hubungi Kami di www.OemahWebsite.com (08112522117)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.