Daftar NPWP Lewat On-Line

Standar

Nomor Pokok Wajib Pajak biasa disingkat dengan NPWP adalah nomor yang diberikan kepada wajib pajak (WP) sebagai sarana dalam administrasi perpajakan yang dipergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya.

Dalam kenyataannya dewasa ini NPWP diperlukan dibeberapa hal, seperti:

  1. Mendaftar pekerjaan, terutama pekerjaan di sector perbankan, finance dan lembaga keuangan
  2. Pengajuan mobil baru secara kredit
  3. Pengajuan rumah secara KPR

Ini semua dimaksudkan agar tiap warga Negara yang sudah mempunyai pendapatan, wajib mempunyai NPWP dan nantinya pemasukan pajak tiap tahunnya bisa semakin bertambah. Karena itu, pemerintah lewat kementerian keuangan mempermudah masyarakat yang akan mendaftar sebagai wajib pajak. Cara yang pertama adalah langsung mendatangi kantor pajak sesuai domisili tinggal. Cara yang kedua adalah mendaftar lewat online yaitu di ereg.pajak.go.id

Dan berikut langkah-langkah yang benar mendaftar NPWP lewat ereg.pajak.go.id:

npwp

  1. Daftar email: Bisa menggunakan email yang sudah sering dipakai, ataupun membuat email baru 01 02
  2. Daftar ereg.pajak.go.id: Klik menu daftar baru

03

  1. Mengisi form pendaftaran online wajib pajak

04 05

  1. Konfirmasi lewat email: nanti ada email resmi dari eregistration@pajak.go.id, lalu klik link di email tersebut untuk mengaktifkan akun

06

  1. Daftar npwp: masuk ereg.pajak.go.id lalu masukan email dan password yang sesuai dengan yang telah didaftarkan

07

  1. Masuk menu e-Registrasi: Klik menu PENDAFTARAN di kiri atas menu

08

  1. Mengisi form registrasi

09

  1. Mengisi form identitas

10

  1. Mengisi form penghasilan

11

  1. Mengisi form alamat

12

  1. Mengisi form alamat domisili (KTP)

13

  1. Mengisi form alamat usaha (Khusus wiraswasta)
  1. Mengisi form info tambahan

14

  1. Mengisi form persyaratan dan pernyataan

15

  1. Setelah semua form diisi dengan benar, tinggal melalukan konfirmasi token lewat email

Kalo status di form e-registration sudah terkirim, berarti tinggal menunggu 3-4 hari, kartu NPWP dikirim ke alamat pemohon untuk sebelumnya diproses oleh kantor pajak setempat.

npwp1

Semoga bermanfaat dan Selamat mendaftar pajak, Orang Bijak Bayar Pajak!!!

Info++:

Alamat Kantor Pajak se-Barlingmascakeb

KPP Pratama Purwokerto
Jalan Gerilya No. 567
Purwokerto 53143
Telp: 0281-635807,632680,630452,630453,630454, 0281-634238 (Ka), 0281-634219
Fax: 0281-630451, 0281-634236

KPP Pratama Purbalingga
Jalan Letjen S. Parman ,No.43
Purbalingga 53116
Telp: 0281-891419
Fax: 0281-891626

KPP Pratama Cilacap
Jalan Mayjen D.I. Panjaitan No. 32
Cilacap 53212
Telp: 0282-532712(ka), 0282-532713, 0282-533090, 0282-536446
Fax: 0282-532714

KPP Pratama Kebumen
Jalan Arungbinang No. 10
Kebumen 54312
Telp: 0287-382361(ka), 0287-381847, 0287-381848
Fax: 0287-381846

Sumber: Pengalaman Pribadi

Lihat juga blog baru saya di AgusDar.com

7 responses »

    • Silahkan konfirmasi ke kantor pratama pajak sesuai domisili. Bisa lewat telefon, di googling saja mas klo blm tau nomer telefonny

  1. Selamat siang mas agusdar, saya sudah mendaftar NPWP online, tetapi kartunya belum saya terima, kira-kira kalo saya langsung ke KPP Pratama sesuai domisili apakah saya harus merubah data form yg sudah ada lewat online? Apa Kartaunya bisa langsung saya terima? Terimakasih

    • siang juga mas Adi, setau Saya mas Adi cukup menyebutkan nomor registrasi dan nama lengkap ke pegawai kantor pajaknya untuk mengkonfirmasi pendaftaran NPWP, tetapi memang dibeberapa tempat kartu wajib diterima lewat pos jadi ada kemungkinan mas Adi tidak akan langsung menerima kartu tsb.

  2. mas agus. saya ingin bertanya

    Semalam saya baru buat NPWP secara online. dan saya masukkan alamat domisili saya di kalimantan timut. lalu muncul KPP terdekat saya di Bontang. nah kebetulan saya ini lagi cuti mas. dan alamat saya dicilacap. bisa tdk ya saya mengambil kartu / ngurus nya di cilacap? soalnya KPP yg ditunjuk itu di bontang. dan lokasi site saya ke bontang 4 jam gt mas

    atas perhatian n jawabannya saya ucapkan terima kasih

    • Berarti posisi mas Pohan blm sempat mendaftar NPWP y? Klo blm, monggo dicoba dlu ngurusnya di Cilacap, tapi sepengetahuan Saya si pakenya alamat domisili sesuai KTP saat ini. Tapi klo posisi mas Pohan sdg daftar di Bontang, ditunggu sj, Kartu akan dikrim via pos 3 ato 4 gri stlh proses daftar. Klo blm menerima jg, bisa konfirm telepon ke KPP Bontangny, bgtu mas
      Semoga bisa membantu

Tinggalkan Balasan

