Ujian CPNS 2013 (CAT)


CAT

Untuk menutup tahun 2013 yang luar biasa, kali ini saya akan mempersembahkan postingan terakhir di tahun 2013 tentang Ujian CPNS 2013 yang sudah dilaksanakan beberapa waktu yang lalu. Berangkat dari pengalaman pribadi dan disertai data serta fakta dari hasil atau pengumuman dua kementerian yang Saya ikuti. Semoga bisa menginspirasi teman-teman yang berminat untuk ikut ujian CPNS di tahun depan, atau hanya sekedar ingin tahu tentang bagaimana si ujian CPNS. Sebelumnya maaf kalau postingan Saya masih banyak menggunakan tata bahasa yang kurang benar dan ada beberapa kalimat yang akan muncul beberapa kali, harap maklum.
Berikut selengkapnya:

1. Alur: Alur tes Ujian CPNS 2013: Secara umum, tahapan tes CPNS 2013 terdiri dari Tes Kompetensi Dasar, Tes Kompetensi Bidang dan Wawancara. Namun dalam prakteknya tiap instansi/kementerian mempunyai tahapannya sendiri. Untuk 2 kementerian yang Saya ikuti:

A. Kemenkeu:
kemenkeu
Seleksi melalui 4 (empat) tahap dengan sistem gugur yang meliputi:
a. Seleksi Administrasi
b. Tes Kemampuan Dasar (TKD)
c. Psikotes Lanjutan
d. Tes Kesehatan dan Kebugaran serta Wawancara (Wawancara hanya untuk pelamar dengan Tingkat Pendidikan Sarjana (S-1))

B. Kemen KKP:
kemen kkp
a. Seleksi Administrasi
b. Tes Kompetensi Dasar (TKD)
Materi TKD terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelegensi Umum, dan Tes Karakteristik Pribadi. Tes tersebut dimaksudkan untuk menggali pengetahuan, keterampilan dan sikap/perilaku peserta ujian yang meliputi antara lain wawasan nasional, regional, dan internasional, maupun kemampuan verbal, kemampuan kuantitatif, kemampuan penalaran, kemampuan beradaptasi, pengendalian diri, semangat berprestasi, integritas, dan inisiatif.
c. Tes Kompetensi Bidang (TKB)
Dimaksudkan untuk mengukur pengetahuan tentang substansi umum bidang Kelautan dan Perikanan.
d.Psikotest dan Wawancara
Dimaksudkan untuk mengetahui bakat, minat, motivasi, kepribadian, dedikasi serta ketahanan dalam bekerja.
Berbeda dengan Kemenkeu yang tes psikologisnya dipisah dengan tes wawancara, tes kemen KKP tes TKB dan psikotes serta wawancara dijadikan satu tahapan walau nantinya akan berlangsung sampai dua hari. Artinya, kalau kemenku yang ikut tahap psikotes belum tentu ikut tahap wawancara karena HARUS LULUS ujian psikotes, di kemen KKP yang ikut TKB sudah dapat dipastikan dia juga ikut tes sampai tahap terakhir (Psikotes dan Wawancara).

2. Pendaftaran:
Untuk pendaftaran ujian CPNS 2013, semua dilakukan dengan mendaftar lewat website yang disediakan masing-masing instansi/kementerian. Tiap instansi/kementerian mempunyai persyaratan khusus masing-masing. Misalnya harus dari lulusan universitas yang terakreditasi A atau B, harus memliki sertifikat TOEFL dengan skor tertentu dll. Tapi secara umum, ada dua tipe ketentuan pendaftaran CPNS di kementerian. Yang pertama yaitu cukup dengan mendaftar lewat online dan yang kedua harus mendaftar lewat online tapi juga diWAJIB kan untuk mengirim lamaran lengkap beserta persyaratan lewat pos. Beda lagi dengan di instansi daerah, ada beberapa yang cuma mewajibkan mengirim lamaran lewat pos tanpa perlu mendaftar lewat website.

Untuk 2 kementerian yang Saya ikuti tahun 2013:
A. Kemenkeu: Cuma mendaftar lewat website rekrutmen yang sudah disediakan kementerian tersebut. Yaitu di rekrutmen.kemenkeu.go.id
B. Kemen KKP: mendaftar lewat website kemen KKP di ropeg.kkp.go.id, dan tetap diWAJIB kan untuk mengirim lamaran lengkap lewat pos ke alamat yang sudah ditujukan

3. Tempat: Pelaksanaan tes CPNS CAT 2013 kemenkeu dibagi menjadi 15 kota di seluruh Indonesia dan Yogyakarta adalah kota yang Saya pilih sebagai lokasi tes, sedangkan lokasi tes Kemen KKP berada di enam kota yang berbeda dan Tegal sebagai kota yang Saya pilih sebagai lokasi tes.

4. Sarana pendukung:
A. Untuk Kemenkeu yang dilaksanakan di Yogja, karena lokasi tes di sebuah kampus tepatnya di STIMIK Akakom Yogjakarta sehingga tes dilaksanakan di lab komputer. Tiap lab berisi sekitar 100 buah komputer dengan 95 komputer dipakai untuk tes dan 5 sisanya dicadangkan. Lab yang digunakan untuk tes CAT sendiri sampai 8 ruangan per sesi.

B. Sedangkan untuk Kemen KKP yang dilaksanakan di Tegal, lokasi tes dilaksanakan di BPPPT (Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan Tegal).  Ruangan tes dilaksanakan di sebuah ruangan yang cukup luas yang telah diset dengan dipasang laptop tiap mejanya yang jumlahnya sampai 100 meja dan 4 buah LCD serta alat pengeras suara untuk sarana pendukung. Tempat yang digunakan untuk CAT cuma 1 ruangan per sesi.

5. CAT: Sistem CAT atau Computer Assited Test, adalah sebuah sistem web based yang bekerja dengan menggunakan aplikasi web browser. Hal yang dilakukan dalam melaksanakan ujian CAT yaitu:
1. Login sistem, biasanya menggunakan nomor peserta tes di kementerian tersebut.
2. Pengerjaan, sangat mudah secara teknis, karena tidak perlu menggunakan keyboard sama sekali sewaktu sudah mulai mengerjakan soal. Cukup menggerakan mouse dan meng-klik jawaban yang dianggap benar.
3. Soal, urutannya terdiri dari 35 soal TWK, 30 soal TIU, 35 soal TKP yang muncul per satu nomer. Jadi Kita akan dihadapkan pada satu persoalan dan ketika sudah menjawab dengan memilih salah satu pilihan, baru akan lanjut/muncul persoalan berikutnya
4. Pengerjaan soalnya, bisa dilompat karena pengerjaan tidak harus urut dari nomer 1, diacakpun gak masalah dalam pengerjaan karena di sistem tersebut juga ada indikator warna merah untuk nomer soal yang belum dijawab dan indicator warna hijau pada soal yang sudah dijawab untuk mengingatkan soal mana saja yang belum/siudah dikerjakan.

6. Waktu
Tes CAT dilaksanakan selama 90 menit (1,5 jam), namun apabila sudah selesai sebelum 90 menit, peserta boleh dipersilahkan untuk keluar terlebih dahulu. Sebaliknya, apabila dalam 90 menit Kita belum selesai mengerjakan soal, maka system akan me-logout otomatis (Keluar otomatis) dengan menyimpan hasil soal yang sudah dikerjakan sebelumnya. Ah iya, 15 menit sebelum dimulai peserta diharuskan sudah di lokasi tes karena kalau tes sudah dimulai dan peserta terlambat datang walau cuma beberapa detik, peserta tidak diperkenankan untuk mengikuti tes CAT CPNS karena sistem CAT akan dibuka bersamaan, jadi kalau ada peserta yang terlambat maka tidak akan dapat login ke sistem CAT tersebut.

7. Soal: Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) terdiri dari 35 soal, Tes Intelegensi Umum (TIU) teridiri dari 30 soal, Tes Karakterisitik Pribadi (TKP) terdiri dari 30 soal.
Kisi-kisi soal TKD silahkan buka link https://agusdar.wordpress.com/2013/09/29/kisi-kisi-materi-tes-kompetensi-dasar-cpns-2013/

8. Nilai: Tiap instansi dan kementerian punyai standarnya masing-masing, namun untuk persyaratan dinyatakan LULUS harus mempunyai nilai 250 dari 500 nilai maksimal yang dapat diperoleh dengan ambang batas tiap sub materi untuk TWK nilai 70 atau 40% dari jumlah nilai maksimal, TIU nilai 70 atau 50% dari jumlah nilai yang maksimal, TKP nilai 90 atau 60% dari jumlah nilai maksimal.

9. Perhitungan kelulusan: Tiap kementerian punyai jumlah peserta yang berbeda, untuk:

A. Kemenkeu: Peserta diperkirakan lebih dari 50.000 orang, dengan jumlah peserta di Yogja mencapai 12.643 orang yang terdiri dari sekitar 10 .000 dari lulusan D3 dan S1, dan sisanya dari lulusan SMA/K. Untuk peserta yang mempunyai latar pendidikan S1 Teknik Informatika yang tes di Yogja sendiri hampir mencapai 1.000 peserta. Jadi secara nasional jumlah  peserta yang mempunyai latar pendidikan S1 Teknik Informatika mungkin mencapai 5.000 orang lebih (Angka perkiraan) untuk memperebutkan 57 formasi yang tersedia. Namun perhitungan yang ditetapkan oleh KemenPan-RB yaitu peserta yang dipanggil untuk tes psikologi adalah 6 kali dari jumlah formasi, jadi hanya 352 peserta yang mempunyai nilai tertinggi yang dipanggil untuk tes psikologi. Waktu itu nilai tertingginya 414 dan nilai terendah 329 untuk peserta yang mempunyai latar pendidikan S1 Teknik Informatika (Tentunya tiap formasi punya range nilai sendiri karena tergantung dari hasil CAT dan kuota tiap formasi)

B. KemenKKP: Mempunyai peserta 13.925 orang yang dibagi menjadi 6 kota, dan di tegal sendiri terdiri dari 2.368 orang dari berbagai latar belakang pendidikan dan pilihan formasi. Untuk peserta yang mempunyai latar pendidikan S1 Teknik Informatika dengan pilihan formasi yaitu pengadministrasi data sumber daya ikan, pesertanya mencapai 167 orang. Dan dari hasil pengumuman kemarin, 47 orang diantaranya dinyatakan LULUS namun hanya 3 orang dengan nilai tertinggi yang LOLOS tahap terakhir (Tes Kompetensi Bidang dan Wawancara). Kenapa Cuma 3 orang? Karena ketentuan dari KemenPAN-RB lah yang membatasi hanya 3 kali dari jumlah formasi yang di tersedia. Jadi kalau hanya tersedia 1 formasi, maka yang dipanggil tahap TKB hanya 3 orang. Range nilai yang dipanggil untuk formasi pengadministrasi data sumber daya ikan adalah 382 untuk nilai tertinggi dan 356 untuk nilai terendah (Urutan ketiga). Tentunya tiap formasi punya range nilai sendiri karena tergantung dari hasil CAT dan kuota tiap formasi

10. Pengalaman pribadi:
1. Harus nilai berapa supaya dipanggil tahap kedua??
Kemenkeu: Untuk kemenkeu dengan latar belakang pendidikan S1 Teknik Informatika, nilai CAT paling rendah yang dipanggil adalah 329. Jadi ada sekitar 352 orang dengan latar belakang pendidikan S1 Teknik Informatika dengan nilai antara 329 sampai nilai paling tinggi yaitu 414

Kemen KKP: Kemen KKP dengan dengan latar belakang pendidikan S1 Teknik Informatika yang mengambil formasi Pengadministrasi Data Sumber daya Ikan, nilai CAT paling rendah yang dipanggil yaitu 356 dan paling tinggi 382. Artinya hanya 3 orang yang dipanggil dengan nilai antara 356-382.
Jadi bisa teman-teman simpulkan sendiri nilai berapa supaya dipanggil tahap berikutnya, karena LULUS ujian CAT belum tentu LOLOS.

2. Pilihan formasi, untuk Kemenkeu formasi yang dapat didaftar oleh peserta yang mempunyai latar pendidikan S1 Teknik Informatika ada 57, sedangkan untuk Kemen KKP peserta yang mempunyai latar pendidikan S1 Teknik Informatika ada 3. Dengan ketentuan yang dipanggil tahap berikutnya
Kemenkeu: enam kali dari jumlah tiap formasi yang selanjutnya masih ada dua tes lagi untuk menjadi PNS di Kemenkeu
KemenKKP: tiga kali dari jumlah tiap formasi selanjutnya tinggal satu tes lagi untuk menjadi PNS di Kemen KKP
Tahapannya dijelaskan pada poin Alur

3. Dibanding dengan sistem LJK, CAT menurut Saya jauh lebih “Menyenangkan”, kenapa, diantaranya kerena:
a. Tempat testnya lebih nyaman dan kondusif. Dibanding dengan LJK yang biasanya mengambil di tempat yang luas karena dilakukan dalam satu waktu dengan peseta ribuan, misalnya di Gelanggang Olahraga, CAT dilaksanakan di tempat/ruangan yang lebih kecil dan tertutup sekaligus berAC karena di dalam ruangan pastinya terdapat perangkat komputer yang membutuhkan ruangan yang sejuk supaya tetap terjaga kondisinya.
b. Lebih praktis, karena kalau LJK pasti harus menyiapkan alat tulis seperti pensil, penghapus, rautan, pulpen dan lainnya, sedangkan CAT tidak perlu membawa alat tullis yang berlebihan karena pengerjaannya sudah menggunakan perangkat komputer.
c. Efisien, dari lama pengerjaan tentunya CAT jauh lebih efisin dibanding LJK. Karena kalau LJK harus berlama-lama dengan pengarsiran jawaban, belum lagi kalau harus meralat jawaban ataupun pengisian biodata diri di lembar jawabnya, CAT cukup mengklik dengan mouse pada perangkat komputer yang disediakan. Jadi waktu pengerjaan soalpun relative menjadi lebih singkat dibanding LJK sehingga dapat lebih focus untuk menjawab persoalan.
d. Lebih transparan, Ini adalah poin yang paling penting sehingga dibangun sistem CAT untuk tes CPNS. Setelah kita menyelesaikan ujian CAT di hari itu juga kita akan tahu nilai ujiannya, karena setelah sistem me-logout akan otomatis muncul nilai ujian CAT yang sudah kita kerjakan. Sedangkan LJK, butuh waktu berminggu-minggu bahkan sampai sebulan lebih untuk mengetahui berapa nilai ujian yang kita peroleh karena mekanisme penilaiannya yang panjang, mulai dari pengumpulan lembar jawab, distribusi lembar jawaban, scaning lembar jawab sampai tahap terakhir yaitu penetapan kelulusan TKD.

Dari 10 Poin yang sudah Saya jelaskan di atas semoga dapat memberikan gambaran kasar tentang Ujian CPNS 2013.
Berikutnya Insya Allah Saya akan memposting tentang tahap teakhir dari ujian CPNS 2013 di dua kementerian tersebut.

Terus Berkarya buat Teman-teman semua.. Salam Sukses
Sampai Jumpa Tahun Depan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.