8 Statistik ‘WOW’ dari Kompetisi Eropa 2012/2013

Standar

8

Musim 2012/2013 meninggalkan banyak statistik menarik dari kompetisi domestik di seluruh Eropa. Beberapa di antaranya akan membuat Anda terkejut, dengan melibatkan Miroslav Klose, Liverpool sampai Leighton Baines.

Meski cuma menuntaskan musim di posisi tujuh klasemen Premier League, Liverpool ternyata menjadi klub yang berhasil mengkreasikan peluang terbanyak musim lalu. Angkanya bahkan melebihi apa yang dibuat para jawara Eropa seperti Manchester United, Juventus, sampai Bayern Munich dan Barcelona.

Dari Italia, Mirozlav Klose dengan 15 golnya ternyata menjadi striker paling efisien. Prosentase gol yang dibuat dari kesempatan yang dimiliki lebih baik dari yang dicatatkan Robin van Persie dan Robert Lewandowski.

Berikut statistik-statistik tersebut, sebagaimana dikutip dari situs Squawka:

1. Apa yang Terjadi Jika Ronaldo, Bale dan Suarez Ada di Satu Tim?
Ronaldo, Bale dan Suarez menjadi tiga pemain yang mengisi daftar lima besar pesepakbola dengan jumlah shot paling banyak musim lalu. Jika dijumlah, maka akan menghasilkan angka yang lebih besar dari total shot yang dibuat Bayern Munich, Barcelona dan Manchester United (tanpa dikombinasikan).

Dari 33 penampilan bersama Liverpool di Premier League, Suarez melepaskan 143 tembakan (77 on target, 66 off target). Sementara Bale melepaskan 133 shot untuk Tottenham Hotspur (76 on target, 57 0ff target). Terakhir, Ronaldo melepaskan 181 (114 on target, 67 off target) shot dari 34 penampilan di La Liga musim lalu. Ketiga pemain itu total melepaskan 457 tembakan.
Sebagai pembanding, sepanjang musim lalu MU total melepaskan 416 shot. Sementara Barcelona total melepaskan 436 shot.
Yang menarik, Real Madrid dikabarkan tengah terpikat dengan Luis Suarez dan tengah berupaya membujuk Bale datang ke Santiago Bernabeu. Bayangkan jika ketiga nama tersebut berada di sisi lapangan yang sama musim depan.

2. Xavi: Satu Umpan Setiap 50 detik
Xavi total melepaskan 2.776 umpan sepanjang musim lalu di La Liga Primera. Dari jumlah tersebut tercatat hanya 147 yang gagal menemui sasaran rekannya.
Dengan dia total tampil di 30 pertandingan (17 full, 7 ditarik di tengah laga dan 6 kali masuk sebagai pemain pengganti), Xavi rata-rata melepaskan umpan setiap 50 detik. Atau jika dirata-rata per pertandingan jumlah passing-nya adalah sebanyak 92,5 kali.

3. Baines Bikin Lebih Banyak Peluang Dibanding Messi+CR7
Leighton Baines menjalani musim yang luar biasa bersama Everton di 2012/2013. Berposisi natural sebagai seorang wing back, Banes terhitung sangat sering membantu serangan The Tofees dan bahkan menjadi pemain yang dianggap paling kreatif dari skuat David Moyes terkait kejeliannya menciptakan peluang.
Entah dari umpan silang, tendangan sudut, free kick atau akselerasi ke pertahanan lawan, Baines adalah salah satu senjata Everton menusuk pertahanan lawan.
Sepanjang musim lalu, dari 38 pertandingan yang dijalani (alias selalu bermain sepanjang musim), pesepakbola 28 tahun itu berhasil menciptakan 116 peluang buat rekan-rekannya. Rinciannya adalah lima assist dan 111 key pass.
Jumlah tersebut lebih banyak bahkan jika menjumlahkan peluang yang berhasil diciptakan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo digabungkan. Bersama Barcelona Messi musim lalu mengkreasikan 45 peluang (12 assist dan 33 key pass), sementara di Real Madrid Ronaldo membuat 62 peluang (10 assist dan 52 key pass).

4. Madrid Paling Produktif di Kandang, Barca Tersubur di Tandang
Di seluruh kompetisi Eropa musim lalu, Real Madrid menjadi klub yang paling sering bikin gol di kandang sendiri. Dari 19 pertandingan di Santiago Bernabeu mereka berhasil melesakkan 67 gol, atau 3,5 gol setiap pertandingan.
Barcelona seakan tak mau kalah dengan statistik milik seteru abadinya itu. Blaugrana jadi tim paling subur saat menjalani laga away, dengan total membuat 52 gol di kandang lawan-lawannya. Atau jika dirata-rata, Lionel Messi dkk membuat 2,7 gol setiap laga tandang.

5. Liverpool kalahkan MU, Juventus dan Barca untuk Urusan Bikin Peluang
Fans Liverpool pantas merasa frustrasi dengan hasil yang didapat timnya musim 2012/2013 lalu. Meski Luis Suarez sangat produktif dengan 23 gol di Liga Inggris, The Reds sangat banyak membuang peluang.
Sepanjang musim lalu, Liverpool adalah tim yang paling banyak menciptakan peluang bikin gol di Eropa dengan total berjumlah 546. Detilnya: 45 adalah assist dan 501 berupa key pass.
Angka tersebut mengalahkan peluang yang berhasil diciptakan tiga klub juara yakni Manchester United, Juventus dan Barcelona.
The Red Devils total menciptakan 438 peluang (62 assist, 376 key pass), Bianconeri membuat 522 peluang (45 assist, 477 key pass) sementara Barcelona membuat 397 peluang (91 assist, 306 key pass).

6. Kaki Kiri Messi Taklukkan Eropa
“Ronaldo adalah yang terbaik dibanding manusia lainnya, tapi Messi datang dari planet lain.” Pernyataan Gerard Pique itu sama sekali tak salah jika melihat apa yang telah dilakukan Messi selama ini, termasuk musim lalu tentunya.
Di 2012/2013, Messi total membuat 46 gol dari 32 pertandingan La Liga. Dari jumlah tersebut 40 di antaranya dibuat dengan kaki kiri, sementara sisanya menggunakan kaki kanan.
Bahkan jika yang dihitung hanya gol kaki kirinya saja, tak ada pemain yang bisa mencetak gol sebanyak Messidi Eropa musim lalu.

7. Miroslav Klose Striker Paling Efisien
Jumlah 15 gol yang dibuat Klose musim lalu terbilang sangat baik untuk seorang striker yang sudah berada di periode usia senja. Namun kehebatan pemain depan Lazio itu bukan cuma berapa banyak yang dia cetak, tapi juga soal efisien dalam memanfaatkan peluang yang didapat.
Klose adalah striker paling efisien di Eropa musim lalu. Dari seluruh peluang yang dipunya, 40% di antaranya dituntaskan Klose menjadi gol. Prosentase tersebut lebih baik dari Robin van persie, Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, Mario Mandzukic dan Robert Lewandowski yang masing-masing punya tingkat sukses mencetak gol sebanyak 39,5%.

8. Gol Jarak Jauh? Bale Rajanya
Gareth Bale jadi pemain dengan jumlah gol jarak jauh paling banyak di Eropa musim lalu. Dari 21 gol yang dibuat untuk Tottenham Hotspur musim lalu, sembilan di antaranya tercipta dari tendangan luar kotak penalti.
Angka tersebut bahkan lebih banyak dari gol jarak jauh yang dibuat trio Chelsea yakni Juan Mata, Eden Hazard dan Frank Lampard.

Sumber: detiksport.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.