Menangi Derby, Madrid Kembali Geser Barcelona

Standar

 

Selebrasi gol bek kanan Real Madrid, Alvaro Arbeloa ke gawang Atletico Madrid dalam lanjutan La Liga yang digelar di Santiago Bernabeu Stadium, 28 Maret 2010. Real unggul 3-2. AFP PHOTO / Pedro ARMESTRE.
Alvaro Arbeloa (© AFP 2010)

 

Madrid: Real Madrid kembali menggeser Barcelona dari puncak klasemen sementara La Liga setelah dalam partai penutup jornada ke-29 yang bertajuk Derby Madrid dan berlangsung di Santiago Bernabeu Stadium, Minggu (28/3) malam waktu setempat atau Senin (29/3) dinihari WIB, menang tipis 3-2 (0-1) dari Atletico Madrid. Uniknya, hasil yang sama terjadi di pertemuan pertama antara kedua klub yang berlangsung di Vicente Calderon, 7 November 2009. Dengan hasil ini, Los Merengues meraup 74 poin dan kembali menempati peringkat pertama dengan keunggulan selisih gol dari Los Blaugrana.

Di awal babak pertama, El Real tampil terlalu terburu-buru. Sejumlah kesalahan elementer kerap dilakukan Xabi Alonso dkk. Beban Madrid kian berat ketika di menit ke-10, Jose Antonio Reyes menjebol gawang Iker Casillas lewat tendangan melengkung kaki kirinya dari luar kotak penalti. Gol ini merupakan kesalahan bek Raul Albiol yang gagal memotong bola yang mengarah kepada Tiago Mendes. Bola lalu disodorkan Tiago kepada Aguero. Melihat posisi Reyes yang berdiri bebas, Aguero lalu mengirimkan umpan mendatar. Meski sempat diblok bek, tendangan Reyes tak mampu dijangkau Casillas. 0-1 untuk Atletico.

Madrid tersengat. Tempo permainan kian ditingkatkan. Sejumlah peluang tercipta. Namun, penyelesaian yang kurang akurat dari Esteban Granero, Gonzalo Higuain, dan Rafael Van der Vaart membuat peluang terbuang sia-sia. Pun demikian dengan Cristiano Ronaldo yang tampak tampil jauh di bawah performa terbaiknya. Baru di 10 menit terakhir babak pertama, penampilan tuan rumah mulai menggigit. Diawali dari sepakan volley kaki kiri Marcelo yang dapat diblok kiper David De Gea.

Beberapa detik kemudian, Madrid mendapat peluang 99 persen gol. Berawal dari emas tendangan sudut Van der Vaart yang disundul CR9. Bola jatuh ke kaki Higuain yang tak terkawal di tiang dekat. Higuain berhasil mengecoh kiper De Gea. Sayang, sontekannya dari jarak empat meter masih dapat diblok Tiago. Di injury time, giliran CR9 yang mendapat peluang emas. Lolos dari jebakan off-side, menyongsong umpan Xabi Alonso, sundulan CR9 yang berdiri bebas justru menyamping.

Di awal babak kedua, tampilan Madrid kian agresif. Upaya anak-anak asuhan Manuel Pellegrini membuahkan hasil tiga menit setelah kick-off. Dari tendangan penjuru yang dilakukan Granero, bola disundul Raul Albiol dan jatuh ke kaki Xabi Alonso yang berdiri di dekat tiang jauh. Tanpa kesulitan, Xabi menceploskan bola ke dalam gawang. Skor 1-1. Gol penyeimbang kedudukan yang melecut semangat anak-anak Madrid.

Buktinya, dalam tempo 14 menit kemudian, Los Merengues menjebol gawang De Gea dua kali. Gol kedua Madrid yang dicetak Alvaro Arbeloa tercipta dengan begitu indah. Berawal dari umpan jauh yang dilontarkan Xabi Alonso. Lolos dari jebakan off-side, Arbeloa dengan leluasa menggiring bola ke dalam kotak terlarang. Dengan tenang mantan bek Liverpool ini mengecoh bek Alvaro Dominguez dan mengelabui De Gea. Skor menjadi 2-1.

Tiga menit kemudian, Real memperbesar keunggulan menjadi 3-1 lewat gol Gonzalo Higuain. Gol ini bermula dari kesalahan para pemain Atletico yang saling menunggu menghalau bola hasil solo-run Granero. Upaya Tiago justru membentur kaki Paulo Assuncao. Bola berbelok arah dan mampir di kaki Higuain yang berdiri bebas. Tanpa kesulitan lewat sepakan kaki kirinya Higuain mengecoh De Gea. Skor 3-1.

Atletico kembali menyerang. Harapan meraih poin mulai terbuka ketika di menit ke-66 Xabi Alonso melakukan blunder dengan sengaja mengenai bola hasil tendangan penjuru Simao dengan tangannya. Wasit menunjuk titik putih pertanda tendangan penalti. Eksekusi Diego Forlan mulus dan mengelabui Casillas. Skor menjadi 3-2.

Madrid kembali mencoba menambah keunggulan. Sayang tendangan Higuain meneruskan umpan panjang dari Marcelo bergulir tipis di sebelah kanan gawang Atletico. Dua menit sebelum waktu normal berakhir, umpan matang CR9 gagal diselesaikan Raul. Di injury time, sepakan Forlan hanya membentur jaring gawang bagian luar. Skor 3-2 bertahan sampai peluit akhir berbunyi.

Susunan Pemain:
Madrid: Iker Casillas, Marcelo, Raul Albiol, Sergio Ramos (KK), Alvaro Arbeloa (KK), Xabi Alonso (KK), Fernando Gago, Esteban Granero (Guti Hernandez), Rafael Van der Vaart (Raul), Gonzalo Higuain (Mahamadou Diarra), Cristiano Ronaldo.
Atletico: David De Gea, Antonio Lopez, Alvaro Dominguez Soto, Tomas Ujfalusi, Valera (Luis Perea, KK), Tiago Mendes, Paulo Assuncao, Simao Sabrosa (Eduardo Salvio), Jose Antonio Reyes (Jose Jurado), Sergio Aguero, Diego Forlan.
Wasit: Alberto Undiano Mallenco.
(MEG)

Sumber : Liputanbola.com

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s